free flash stats Jika Catalan benar-benar merdeka, timnas Spanyol wajib waspada

Jika Catalan benar-benar merdeka, timnas Spanyol wajib waspada

Suasana politik Catalan dan Spanyol sedang memanas. Catalan bersikukuh ingin memerdekakan diri mereka. Lewat referendum, walau berupaya dicegah oleh pemerintah Spanyol, kebanyakan warga Catalan ingin terbebas dari Spanyol serta membangun pemerintahan sendiri. Harian AS mengabarkan jika 90% warga Catalan yang turut andil dalam pemungutan suara menyetujui usulan untuk segera melepaskan diri dari pemerintahan Spanyol.

Dari jumlah 7,6 juta penduduk yang tinggal di catalan, salah satu pemain sepakbola top yang turut ambil dalam bagian pemungutan suara tersebut ialah Gerard Pique. Pemain bertahan Barcelona itu bahkan tidak ragu memperlihatkan dukungannya pada keinginan untuk memerdekakan Catalan. Bahkan dia siap untuk mundur dari tim nasional Spanyol bila nanti Catalan benar merdeka.

“Ini merupakan bentuk kebebasan kami mengutarakan pemikiran, suatu hal yang cukup sulit kami lakukan pada dulu kala. Saya adalah orang asli Catalan, saya sangat bangga jadi orang Catalan. Saya juga bangga dengan sikap yang telah ditunjukkan orang Catalan,” ungkap Gerard Pique dikutip Sky Sports.

Bila Catalan merdeka, bisakah Pique membela tim nasional Catalan, Apalagi selama ini dia membela tim nasional Spanyol? Bisa saja.

Untuk pindah tim nasional, lewat situasi pecahnya negara, yang pertama negara itu wajib mendaftarkan diri mereka sebagai anggota resmi FIFA. Selepas itu, pemain yang bakal pindah warga negara mengajukan persetujuan kepada FIFA,dan FIFA juga yang nantinya memutuskan akankah latar belakang pemain itu memenuhi syarat untuk pindah warga negara atau tidak.

Namun, bila ini memang benar terjadi, hal ini dapat menjadi buruk untuk tim nasional Spanyol lantaran tidak sedikit pemain bintang Spanyol berasal dari sana.

Spanyol juga patut merasa cemas dengan banyaknya pemain yang ikut kedalam jejak Pique, yang sudah siap mundur dari tim nasional Spanyol untuk membela tanah kelahiran mereka. Hal itu terbukti dari beberapa kali pertandingan uji coba, walau tak resmi lantara belum terdaftar oleh FIFA, cukup banyak pemain besar Spanyol yang mau membela Catalan.

Tak hanya Pique, namun beberapa pemain lain macam Sergo Roberto, Gerard Deulofeu, Cesc Fabregas, Jordi Alba, Sergio Buzquet serta masih banyak lagi pemain yang membela Catalan. Bahkan pada pertandingan persahabatan kontra Tunisia di bulan Desember lalu, Xavi Hernandez bersedia membela Catalan.

Mereka juga membentangkan banner besar yang memiliki tulisan ‘Una Nacio, Una Seleccio’. Kalimat itu juga berarti, ‘Satu Tim nasional, Satu Negara’.

Menarik untuk melihat akhir polemik Catalan ini. Bila memang Catalan merdeka, walau mereka akan berjuang dari bawah guna mengikuti agenda dari FIFA, namun Catalan memiliki skuad dengan pemain kelas atas Spanyol yang dapat mempercepat jalan mereka di berbagai kompetisi yang ingin mereka ikuti.