free flash stats Kalteng Putra Beri Kekalahan Pertama Persebaya di Gelora Bung Tomo

Kalteng Putra Beri Kekalahan Pertama Persebaya di Gelora Bung Tomo

Satu misi berat ada di pundak Kalteng Putra ketika menjalani pertandingan away ke kandang persebaya Surabaya, Stadion Gelora Bung Tomo di laga terakhir fase 16 besar Grup C. Hanya raihan 3 poin lah yang dapat membuka kesempatan Kalteng Putra untuk bisa melaju ke babak 8 besar untuk menemani Persebaya yang sudah lebih dulu lolos.

Bermain dihadapan ribuan Bonek, Kalteng Putra tidak gentar. Mereka bisa meladeni permainan Persebaya yang lebih sering menguasai bola dari awal pertandingan.pada beberapa situasi, tuan rumah bisa menerobos sampai dalam kotak pinalti Kalteng Putra, tapi penyelesaian akhir buruk dari para pemain depan Persebaya ditambah cemerlangnya kiper Kalteng Putra, Galih Sudaryono membuat beberapa peluang itu terbuang sia-sia.

Pihak Kalteng Putra pun juga dapat mencetak beberapa peluang disepanjang babak pertama lewat serangan balik. Namun lini bertahan Bajol Ijo masih terlalu kuat untuk para penyerang Kalteng. Babak pertama berkesudahan dengan skor tanpa gol.

Pada babak kedua, pelatih Alfredo Vera menginstruksikan timnya untuk tetap menggempur pertahanan tim tamu dengan memakai garis pertahanan tinggi untuk memberikan tekanan secepat mungkin jika Persebaya kehilangan bola. Hal tersebut pun juga berfungsi mereduksi peluang Rivaldy Bauwo dkk saat mengembangkan permainan.

Tapi, gaya pemainan ini terlihat mudah dihalau oleh para pemain Kalteng Putra. Pada sejumlah peluang, pemain Kalteng Putra selalu bisa lepas dari berbagai tekanan serta jebakan off side untuk bisa mendekati area pinalti Persebaya meskipun belum membuahkan hasil memusakan.

Sampai pada akhirnya, deadlock di pertandingan ini pecah di menit ke 77 selepas Rivaldy menjebol gawang Persebaya yang dikawal oleh Miswar Putra dengan tendangan keras mendatar.

Ironisnya untuk Persebaya, cara Kalteng mencetak gol itu sama dengan cara yang dipakai Persebaya pada sepanjang pertandingan, yaitu lewat serangan balik cepat dengan memanfaatkan garis bertahan tinggi yang terlihat rapuh yang digalang oleh Fandy Imbiri dan rekan-rekan.

Sadar sudah tertinggal satu gol, Persebaya berulang kali mencoba terus menggempur lini pertahanan Kalteng Putra. Tapi nahasnya, tidak ada peluang yang tercipta sampai tidak ada gol penyama skor yang sukses mereka peroleh.

Skor akhir 0-1 untuk kemenangan bagi Kalteng Putra tetap bertahan hingga peluit panjang tanda usainya pertandingan, kekalahan Persebaya ini adalah kekalahan pertama mereka di kandang sendiri di ajang Liga 2 musim 2017.

Sedangkan kemenangan tipis ini menaikkan peringkat tim yang berjuluk Enggang Borneo tersebut ke pucuk klasemen serta berhak melaju ke babak 8 besar dengan berstatus sebagai jawara Grup C. Nantinya, tim yang bermarkas di Stadion Puah Paho tersebut memang pantas menyandang status sebagai tim kuda hitam saat manggung di fase 8 besar tersebut.